Survei: Pendidikan di Palopo Kini Lebih Baik

24 Februari 2017 20:47
Humas SRC Ahmad Adiwijaya Syahidin.

PALOPO, INIKATA.com–Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh lembaga Survei Sawerigading Riset Center (SRC), terkait kinerja pemerintah Kota Palopo, khususnya dalam sektor penddikan mengalami peningkatan dibandingkan degan dua tahun lalu.

Demikian terungkap pada launchig SRC dan rilis hasil survei terkait kinerja pemerintah Kota Palopo yang berlangsung di Hotel Mulia Indah, Jumat, (24/2/2017). Dari tujuh indikator, yang dipersentasekan, tak satupun yang menunjukkan bahwa bidang pendidikan di Kota Palopo saat ini tidak baik.

“‘Berdasarkan tanggapan responden mengenai kondisi gedung dan perlengkapan sekolah saat ini, sebanyak 64.8% menyatakan lebih baik dibandingkan dengan 2 tahun yang lalu, 25.5% menyatakan sama saja, 7.5% menyatakan tidak tahu, dan hanya 2.3% menyatakan lebih buruk,”ujar Humas SRC Ahmad Adiwijaya Syahidin.
Untuk pelayanan pendididikan di Kota Palopo, tercatat sebanyak 78.8% responden menyatakan pelayanan pendidikan di Kota Palopo saat ini berada pada kategori baik. 13% menyatakan sangat baik, dan 4.8% menyatakan kurang baik, serta dan 3.6% tidak tahu.
Mengenai kondisi ketersediaan sekolah saat ini, 65.3% responden menyatakan kondisi ketersediaan sekolah saat ini lebih baik dibandingkan dengan 2 tahun lalu. 28.5% menyatakan sama saja, 4.8% menyatakan tidak tahu, dan 1.5% menyatakan lebih buruk.

Baca juga: Isnul Jabat Ketua DPD AMPI Kota Palopo

”Mengenai kondisi gedung dan perlengkapan sekolah saat ini sebanyak 64.8% menyatakan lebih baik dibandingkan dengan 2 tahun yang lalu, 25.5% menyatakan sama saja, 7.5% menyatakan tidak tahu, dan 2.3% menyatakan lebih buruk,” kata kandidat Doktor ini.

Selain itu, jumlah dan kualitas guru atau tenaga pengajar di Kota Palopo saat ini juga dinilai cukup baik dibandingkan dua tahun lalu. Sebanyak 58 persen orang menyebutkan demikian. Ketersediaan beasiswa dan bantuan utuk keluarga kurang mampu juga dianggap lebih baik saat ini dibandingkan dua tahun lalu. Responden yang menyebutkan demikian mencapai angka 60 persen.

Baca juga: Dispora Palopo Resmi Berkantor di GOR

”Sebanyak 76 persen responden menyebutkan jika kondisi sarana dan prasana jalan baik itu infrastruktur dan dan ketersediaan kendaraan juga dianggap lebih baik saat ini dibandingkan dua tahun lalu,” tandasnya. (**)