Wabup Irwan Apresiasi Komitemen Perusahaan Budayakan K3

11 Februari 2017 13:28
Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan seluruh stake holder terkait mengikuti apel bersama peringatan Bulan K3 Nasional 2017 yang berlangsung di Lapangan Camp Site Sorowako, Sabtu (11/02/2017).

LUTIM, INIKATA. com-Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan seluruh stake holder terkait mengikuti apel bersama peringatan Bulan K3 Nasional 2017 yang berlangsung di Lapangan Camp Site Sorowako, Sabtu (11/2/2017). Peringatan kali ini bertemakan “Dengan Budaya K3 kita tingkatkan kualitas hidup manusia menuju masyarakat yang selamat,sehat dan produktif.

Apel bersama Bulan K3 ini dipimpin Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam. Turut hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Firnandus Ali, Kepala BPBD, M Zabur, Camat Nuha, Masdin dan manajemen PT Vale Indonesia.

“Peringatan K3 telah disepakati dimulai sejak 12 Januari, dan tahun 2017 merupakan tahun ke-3 bagi bangsa Indonesia yang secara terus menerus berusaha mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 tahun 2020″ kata Irwan saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif.

Dikatakannya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam survei angkatan kerja nasional bulan Agustus 2016. Jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 118.41 juta orang, dan sekitar 60.24 persen diantaranya dengan tingkat pendidikan SD dan SMP.

” ini tentu masalah kita semua apalagi era globalisasi khususnya dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kesiapan sumber daya manusia sangatlah penting dalam menghadapi MEA termasuk peningkatan dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja” imbuhnya.

Makanya, Undang-Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja mengatur dengan jelas pelaksanaan K3 di semua tempat kerja dimana terdapat tenaga kerja, hubungan kerja atau kegiatan usaha dan sumber bahaya baik di darat, di dalam tanah, di permukaan air, di dalam air maupun di udara yang berada di dalam wilayah Indonesia.

Disamping itu, tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Baca juga: Wabup Minta PT Kujang Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani

“Tujuan perlindungan K3 tersebut dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang terdapat di perusahaan baik pihak manajemen perusahaan, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, dan tenaga kerja atau buruh bersama sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja” jelasnya.

Irwan juga bangga bahwa peringatan Bulan K3 ii telah diisi berbagai kegiatan positif untuk mengkampanyekan akan pentingnya K3. “saya apresiasi dan saya kira ini memang menjadi komitmen perusahaan untuk membudayakan K3 dengan berbagai kegiatan lomba” tandasnya.

Baca juga: Bupati Lutim Kukuhkan Pengurus FKUB

Dalam Apel Kali ini juga dilakukan penyerahan hadiah untuk para juara yang mengikuti lomba-lomba K3 antara lain lomba talkshow K3, rescue challenge, pawai lampion K3, lomba poster k3 untuk pelajar, Cerdas Cermat K3 dan seminar Penanganan Darurat.(**)