Pemda Lutim Berikan Kemudahan Bagi Investor

3 Februari 2017 17:57
Logo Pemda Lutim

LUTIM,INIKATA.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu Timur akan memberikan kemudahan – kemudahan bagi Investor yang berniat untuk berinvestasi didaerah yang dijuluki Bumi Batara Guru ini. Hal itu disampaikan, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam.

Menurutnya, kemudahan yang nantinya akan diberikan bagi para Investor tersebut sepanjang tidak bertentangan dengan regulasi yang telah ada. “Kita beri kemudahan Investor agar mereka mau berinvestasi sepanjang tidak bertentangan dengan regulasi yang ada,” katanya.

Salah satu cara agar para Investor mau berinvestasi, kata Irwan, pelayanan infrastruktur transportasi harus memadai. Oleh karena itu, pelabuhan Malili nantinya akan dibangunkan gudang besar tempat aktivitas bongkar muat.

“Para Investor akan diberikan kesempatan untuk menggunakan fasilitas gedung-gedung tersebut tentu dengan makanisme atau perjanjian yang akan diatur kemudian,” ungkap Irwan diruang kerjanya, Jum’at (3/2/2017).

Irwan menjelaskan, untuk mengerakkan roda perekonomian masyarakat, pelayanan infrastruktur transportasi harus memadai. Meski jalur darat sudah cukup memadai namun jalur transportasi laut dan udara masih belum maksimal.

“Untuk jalur udara juga masih belum optimalkan karena bandara tersebut masih berstatus bandara khusus yang di kelola perusahaan PT Vale Indonesia di Soroako,” kata Irwan yang mengaku akan mengoptimalkan jalur transportasi laut dalam waktu dekat.

Baca juga: Soal Rp23 Ribu, DPRD Hearing Pemda Lutim

Apalagi, tambah Irwan, Luwu Timur juga sudah tersedia pelabuhan Waru – Waru di Malili, kecamatan Malili namun hingga saat ini belum berfungsi optimal. Disisi lain, jalur transportasi laut juga sejalan dengan visi Maritim pemerintah RI saat ini.

“Saat ini pembangunan infrastruktur pelabuhan masih terus di genjot. Jika sudah rampung akan kita bangun gudang-gudang yang diharapkan dapat menarik para investor untuk berinvestasi di daerah ini,” ungkap Irwan.

Baca juga: DPRD Lutim Konsultasi ke Kemenpan-RB

Ia pun percaya dengan beroperasinya pelabuhan Malili nantinya, roda perekonomian masyarakat akan semakin berkembang dan tentu akan meningkatkan pendapatan daerah, membuka lapangan kerja yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(**)