DPRD Lutim Konsultasi ke Kemenpan-RB

27 Juli 2016 22:03

LUWU TIMUR, INIKATA.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Rabu (27/7/16).

Konsultasi yang dilakukan oleh komisi I DPRD Luwu Timur itu, terkait pelantikan dan mutasi yang dilakukan oleh Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler belum lama ini.

Legislator partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Rully Heryawan mengatakan, konsultasi ini dilakukan berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) yang berlangsung Senin, 25 Juli 2016.

Menurutnya, hasil konsultasi itu nantinya akan dipaparkan kembali berdasarkan petunjuk Mendagri, Menpan dan KASN. “Kita tunggu saja hasil konsultasinya, apa petunjuk dari sana,” ungkap Rully.

Wakil ketua Komisi satu, Herdinang yang ditemui membenarkan adanya konsultasi soal pelantikan dan mutasi pejabat tersebut. Ia menjelaskan, DPRD berkonsultasi ke Mendagri dan Menpan RB terkait adanya surat penjelasan permohonan pelaksanaan mutasi oleh Pemab Lutim, yang tidak disetujui oleh Mendagri. Sementara di KASN, DPRD Lutim akan konsultasi tentang pelanggaran yang dilakukan oleh Pemkab Lutim.

“Ini yang akan kita konsultasikan karena ada surat dari Mendagri dan Menpan RB tidak menyetujui pelantikan itu, dengan alasan Bupati terpilih belum cukup enam bulan,” ungkapnya. (Radar Luwu Raya)