Hore.. Petani Lutra Dapat Bantuan Hand Traktor dari Pemkab

20 Juli 2016 10:15

LUTRA, INIKATA.com – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di dampingi Kadis Pertanian, Kepala BKP3, Camat Baebunta, Kades Tarobok, menyerahkan bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berupa Hand Traktor kepada penyuluh pertanian, kelompok tani dan masyarakat.

Bantuan Hand Traktor sebanyak 23 unit kepada Kelompok Tani dan 9 desa adalah bentuk perhatian pemerintah kepada petani, meskipun sangat terbatas, tapi paling tidak dapat mengurangi beban petani dalam pembiayaan pengelolaan lahan.

Seperti Hand traktor misalnya, dengan luas areal persawahan kurang lebih 28 ha, maka kita butuh Hand traktor minimal 2.800 unit, sementara yang tersedia baru separuh dari kebutuhan yang ada. “Jadi kita masih kurang lebih 1.400 unit. Belum lagi ketika bendung Baliase sudah berfungsi dengan potensi 23.000 ha. Tentu kebutuhan alsintan akan semakin banyak dibutuhkan,” kata Bupati Lutra.

Dengan begitu, Indah, berharap bantuan ini betul-betul dimanfaatkan dan digunakan sebagaimana mestinya. “Saya tidak mau lagi mendengar ada bantuan yang dijual ketua kelompok sebagaimana bantuan-bantuan sebelumnya. Jangan dipersewakan, digadaikan atau dipindahkan ke tempat lain dengan alasan apapun,” pesan Indah.

Untuk kedepannya, bahwa dalam pemerintahan sampai 5 tahun kedepan, sektor pertanian di Luwu Utara tetap menjadi prioritas utama. “Hal ini penting mengingat posisi Lutra sebagai salah satu penyangga beras di Sulsel,” cetusnya.

Sebagai gambaran bahwa tahun 2015 produksi padi Lutra kurang lebih 230.000 ton GKP (gabah kering panen) dengan tingkat produktivitas 5,8 ton/ha. Produksi tersebut membuat Lutra surplus beras lebih 70.000 ton.

“Dengan asumsi bahwa tingkat produktifitas sawah baru yang dicetak 4,5 ton/ha dengan dua kali panen, maka tahun depan akan ada peningkatan produksi kurang lebih 6%. Insya Allah tahun depan Kecamatan Baebunta kita Programkan untuk pencetakan sawah baru kurang lebih 600 ha berdasarkan CPCL yang sudah masuk di Dinas Pertanian,” tutu Indah. (**)